Thursday 3 April 2014

Laporan Tugas pengembangan SDM penilaian kepala TU Fakultas Pertanian



KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas karunia dan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan laporan kepala TU fakultas pertanian UMY. Laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun ajaran 2013/2014.
            Dalam penyelesaian laporan ini, kami telah dibantu oleh berbagai pihak baik  berupa dukungan materi maupun moril. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Dosen pengajar yang telah mengizinkan kami melaksanakan Observasi di fakultas pertanian UMY dan Dosen Pembimbing yaitu Try Maryati S.E, M.M. yang telah membimbing kami dengan penuh kesabaran. serta semua pihak yang telah membantu.
 Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun jika terdapat kesalahan atau kekurangan dalam penyusunan laporan Observasi akhir ini. Semoga laporan ini  bermanfaat bagi kita semua.

BAB I
PENDAHULUAN
 Latar Belakang

Pendidikan merupakan proses pengembangan yang utuh menuju ke arah kedewasaan dalam proses berfikir dan bertindak. Oleh karena itu, seorang calon  pendidik sebelum diterjunkan ke dunia pendidikan hendaknya dibekali dengan  berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan profesi, dan kemampuan diri agar dalam melaksanakan tugasnya dapat berhasil seperti yang diharapkan.

 Secara teoritis mahasiswa calon guru di bangku kuliah telah mempelajari  berbagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan, namun apa yang diperoleh nampaknya belum cukup sebagai bekal bagi seorang pendidik yang  profesional.

Melalui Praktek Ketrampilan Mengajar ini diharapkan agar para calon  pendidik dapat mengenal lebih jauh mengenai lingkungan pendidikan, pengaturan administrasi sekolah, dan proses belajar mengajar sebelum nantinya terjun langsung dan menjalani profesi ini secara utuh. Kegiatan observasi pengenalan kampus ini juga merupakan kegiatan awal sebelum mahasiswa mengikuti Praktek Ketrampilan Mengajar. Observasi ini dilaksanakan secara berimbang, terarah dan terpadu yang  merupakan kegiatan untuk merekam keadaan dan situasi yang terjadi di kampus yang  bersangkutan.



 BAB II
PEMBAHASAN

A.    Key Performance Indicators (KPI)
Objek Penilaian​​                                   :  Bpk. Wawan
Jabatan                                    ​​​                        :   Kepala TU Fakultas Pertanian
Unit Kerja                                           ​​:   STAFF TU – Universitas Muhammadiyah
                                                                Yogyakarta
Panduan dasar pengukuran kinerja     :
Staff TU di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dinilai kinerjanya berdasarkan indikator-indikator kinerja yang dikelompokkan menjadi beberapa kategori kinerja, yaitu : Kinerja Keuangan, Reputasi Lembaga. Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Pengembangan SDM, dan Kerjasama Eksternal. Masing-masing kategori kinerja memiliki bobot, dengan total bobot seluruh kategori sebesar 100%. Skor kinerja untuk setiap indikator dinyatakan dalam skala penilaian 1-5. Jika seluruh indikator telah ditetapkan skornya maka skor rata-rata untuk setiap kategori kinerja akan dikalikan dengan bobot kategori yang bersangkutan. Akhirnya skor rata-rata terbobot dari seluruh kategori dijumlahkan dan menghasilkan skor kinerja final.


Tingkat Pencapaian KPI*
Tingkat Pencapaian KPI*
-          Tercapai sesuai sasaran (100%)
-          Tercapai 80%-99% dari sasaran
-          Tercapai 70%-79% dari sasaran
-          Tercapai 50%-69% dari sasaran
-          Tercapai kurang dari 50% dari sasaran

5 (sangat baik)
4 (baik)
3 (cukup)
2 (kurang baik)
1 (buruk)

• Seluruh KPI diukur dalam periode tahunan kecuali jika ada ketentuan khusus.



 KPI (Key Peformance Indikator) Kepala TU
 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Indikator
Base Line
Sasaran
Realisasi
Percapaian %
Skor Kinerja
Hasil
Waktu
Hasil
waktu
Indeks kualitas layanan TU Fakultas pertanian
6 %
80

90

112 %
0,06
Tingkat ketersediaan arsip TU Fakultas pertanian
100 %
90

85

95 %
0,95
Skor kinerja total
1,01
Skor kinerja rata-rata = (skor kinerja total /jumlah KPI)
0,004

 KPI (Key Peformance Indikator) kelancaran perkulihaan

 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Indikator
Base Line
Sasaran
Realisasi
Percapaian %
Skor Kinerja
Hasil
Waktu
Hasil
waktu
Tingkat keluhan perkulihaan (personal)
4 %
90

90

100%
4
Tingkat penanganan keluhan perkulihaan (personal)
100 %
90

90

100%
1
Skor kinerja total
5
Skor kinerja rata-rata = (skor kinerja total /jumlah KPI)
0,025






BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
           Dengan melihat hasil final skor baik dari segi KPI (Key Performance Indicators) maupun dari penilaian perilaku dapat penyusun simpulkan bahwa kinerja Kepala TU dan Kelancaran perkulihaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dinyatakan BAIK. Atas dasar perhitungan dan analisis ini penysun mengapresiasi kinerja beliau dan berharap dapat ditingkatkan dimasa yang akan datang. Dan semoga laporan penilaian kinerja ini dapat dijadikan motivasi untuk terus bekerja lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment

mohon kritik dan saran nya.....>><<