Friday 26 December 2014

Implementasi Porter’s value chain model di perusahaan Dell



MODEL BISNIS DELL
Secara garis besar bisnis model dari dell adalah dengan melakukan pendekatan langsung kepada konsumennya. Dell memberikan kebebasan kepada konsumen untuk mendeskripsikan spesifikasi computer yang mereka butuhkan. Menurut dell cara ini merupakan solusi yang cukup efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beebeda-beda.
KOMPETITOR DELL SAAT INI ADALAH HP, APPLE, TOSHIBA, ACER DAN SONY.
DELL VALUE CHAIN MODEL
Primary activities
Dell melakukan order komponen-komponen computer ke berbagai supplier yang tersebar di seluruh dunia. Dell tidak memesannya secara sekaligus dalam jumlah besar untuk persediaan jangka waktu yang lama melainkan pemesanan dilakukan dalam waktu yang berdekatan dan dilakukan berulang kali tergantung permintaan dari konsumen. Hal ini dikarenakan kemajuan di bidang computer saat ini berkembang sangat cepat.
Pada awalnya setiap pekerja memiliki tugas masing-masing dalam melakukan perakitan computer. Namun pola ini sudah bergeser menjadi “Cell Manufacturing” dimana satu tim pekerja bertugas untuk merakit PC secara keseluruhan sesuai dengan permintaan konsumen.
Komponen-komponen yang akan dirakit menjadi computer sebelumnya dilakukan pengujian terlebih dahulu. Tidak banyak dari konsumen meminta agar PC yang dipesannya harus menggunakan komponen dari merk tertentu.
Setelah melalui proses perakitan, PC dikirimkan ke bagian Shipping Departement. Mereka melakukan pemeriksaan kelengkapan dari PC, melakukan packing, dan mengantarkan PC pesanan tersebut ke konsumen. Biasanya pengiriman memerlukan waktu tiga sampai lima hari kerja.
Selain bisnis Dell ini adalah untuk pesanan konsumen, Dell juga melakukan produksi PC untuk retail atau reseller. Dell menjual produknya di website dan perusahaan lain yang bekerja sama dengan Dell. Meskipun penjualan dilakukan oleh pihak lain tetapi target pasar utama dari Dell adalah langsung ke konsumen, bukan mengarah ke perusahaan. Oleh karena itu dell sangat intensif melakukan ikla-iklan di berbagai media baik itu TV, internet, media massa, dll. Dell juga telah menyediakan service dan support kepada konsumen setianya.
 Support Activity
Melalui websitenya Dell mengajak para konsumen untuk memberikan ide-ide dalam rangka meningkatkan produk-produk yang mereka produksi. Dell memiliki standar internasional untuk produknya yaitu ISO 9001:2000. Berbagai tes uji kelayakan dilakukan untuk menjaga kualitas dari mulai komponen suku cadang, perakitan hingga produk akhir.
Dell menjalin kerjasama yang cukup dekat dengan para suppliernya. Dell menginginkan komponen yang dipesan adalah komponen dengan standar kualitas yang tinggi. Maka dari itu dell menggunakan komponen-komponen seperti processor, Harddisk atau modem dari merk/brand yang sudah terkenal.
Pusat distributor dari supplier Dell berada cukup dekat dengan perusahaan Dell. Oleh karena itu pengiriman order atau permintaan order akan diproses dengan waktu yang singkat. Dell juga menempatkan salah satu pekerja dari suppliernya di perusahaan untuk kebutuhan pengembangan produk baru.
Lebih dari lima puluh persen dari pekerja Dell ditempatkan untuk berhadapan langsung dengan konsumen. Pekerja mereka biasanya ditempatkan di customer service dell untuk melayani keluhan atau permintaan dari konsumen.
 STRATEGY UNGGULAN DELL
Sebagian besar produksi dari Dell adalah hasil order dari konsumen sehingga barang yang dihasilkan sudah pasti terjual
  • Dell melakukan order komponen-komponen produk ke supplier tidak sekaligus dalam jumlah banyak melainkan based-on banyak/sedikitnya permintaan dari konsumennya.
  • Dell menggunakan komponen-komponen yang berkualitas tinggi untuk merakit produknya seperti motherboard hasil produksi intel dan perangkat lunak windows dari Microsoft.
  • Dell melayani pengiriman produk sampai ke seluruh dunia, dan proses pengiriman relative cepat
  • Dell memiliki banyak service center untuk menangani keluhan-keluhan dari konsumen. Selain itu dell juga menyediakaan tools diagnostic online dan tim support yang onsite di kontraktor Dell.
  • Dell menyediakan penjualan online melalui websitenya dengan cara membagi produk menjadi beberapa kategori seperti bisnis, pelajar, game, design, dll. Hal ini untuk memudahkan konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu konsumen juga dapat melakukan custom untuk produk yang akan dibelinya.

No comments:

Post a Comment

mohon kritik dan saran nya.....>><<