MODEL BISNIS DELL
Secara
garis besar bisnis model dari dell adalah dengan melakukan pendekatan langsung
kepada konsumennya. Dell memberikan kebebasan kepada konsumen untuk
mendeskripsikan spesifikasi computer yang mereka butuhkan. Menurut dell cara
ini merupakan solusi yang cukup efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan
konsumen yang beebeda-beda.
KOMPETITOR DELL SAAT INI ADALAH HP, APPLE, TOSHIBA, ACER DAN
SONY.
DELL VALUE CHAIN MODEL
Primary activities
Dell
melakukan order komponen-komponen computer ke berbagai supplier yang tersebar
di seluruh dunia. Dell tidak memesannya secara sekaligus dalam jumlah besar
untuk persediaan jangka waktu yang lama melainkan pemesanan dilakukan dalam waktu
yang berdekatan dan dilakukan berulang kali tergantung permintaan dari
konsumen. Hal ini dikarenakan kemajuan di bidang computer saat ini berkembang
sangat cepat.
Pada
awalnya setiap pekerja memiliki tugas masing-masing dalam melakukan perakitan
computer. Namun pola ini sudah bergeser menjadi “Cell Manufacturing” dimana
satu tim pekerja bertugas untuk merakit PC secara keseluruhan sesuai dengan
permintaan konsumen.
Komponen-komponen
yang akan dirakit menjadi computer sebelumnya dilakukan pengujian terlebih
dahulu. Tidak banyak dari konsumen meminta agar PC yang dipesannya harus
menggunakan komponen dari merk tertentu.
Setelah
melalui proses perakitan, PC dikirimkan ke bagian Shipping Departement. Mereka
melakukan pemeriksaan kelengkapan dari PC, melakukan packing, dan
mengantarkan PC pesanan tersebut ke konsumen. Biasanya pengiriman memerlukan
waktu tiga sampai lima hari kerja.
Selain
bisnis Dell ini adalah untuk pesanan konsumen, Dell juga melakukan produksi PC
untuk retail atau reseller. Dell menjual produknya di website dan
perusahaan lain yang bekerja sama dengan Dell. Meskipun penjualan dilakukan
oleh pihak lain tetapi target pasar utama dari Dell adalah langsung ke
konsumen, bukan mengarah ke perusahaan. Oleh karena itu dell sangat intensif
melakukan ikla-iklan di berbagai media baik itu TV, internet, media massa, dll.
Dell juga telah menyediakan service dan support kepada konsumen setianya.
Support Activity
Melalui
websitenya Dell mengajak para konsumen untuk memberikan ide-ide dalam rangka
meningkatkan produk-produk yang mereka produksi. Dell memiliki standar
internasional untuk produknya yaitu ISO 9001:2000. Berbagai tes uji kelayakan
dilakukan untuk menjaga kualitas dari mulai komponen suku cadang, perakitan
hingga produk akhir.
Dell
menjalin kerjasama yang cukup dekat dengan para suppliernya. Dell menginginkan
komponen yang dipesan adalah komponen dengan standar kualitas yang tinggi. Maka
dari itu dell menggunakan komponen-komponen seperti processor, Harddisk atau
modem dari merk/brand yang sudah terkenal.
Pusat
distributor dari supplier Dell berada cukup dekat dengan perusahaan Dell. Oleh
karena itu pengiriman order atau permintaan order akan diproses dengan waktu
yang singkat. Dell juga menempatkan salah satu pekerja dari suppliernya di
perusahaan untuk kebutuhan pengembangan produk baru.
Lebih
dari lima puluh persen dari pekerja Dell ditempatkan untuk berhadapan langsung
dengan konsumen. Pekerja mereka biasanya ditempatkan di customer service dell
untuk melayani keluhan atau permintaan dari konsumen.
STRATEGY
UNGGULAN DELL
Sebagian
besar produksi dari Dell adalah hasil order dari konsumen sehingga barang yang
dihasilkan sudah pasti terjual
- Dell melakukan order komponen-komponen produk ke supplier tidak sekaligus dalam jumlah banyak melainkan based-on banyak/sedikitnya permintaan dari konsumennya.
- Dell menggunakan komponen-komponen yang berkualitas tinggi untuk merakit produknya seperti motherboard hasil produksi intel dan perangkat lunak windows dari Microsoft.
- Dell melayani pengiriman produk sampai ke seluruh dunia, dan proses pengiriman relative cepat
- Dell memiliki banyak service center untuk menangani keluhan-keluhan dari konsumen. Selain itu dell juga menyediakaan tools diagnostic online dan tim support yang onsite di kontraktor Dell.
- Dell menyediakan penjualan online melalui websitenya dengan cara membagi produk menjadi beberapa kategori seperti bisnis, pelajar, game, design, dll. Hal ini untuk memudahkan konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu konsumen juga dapat melakukan custom untuk produk yang akan dibelinya.
No comments:
Post a Comment
mohon kritik dan saran nya.....>><<