Sunday 29 September 2013

STRATEGI PEMASARAN KONSEP DAN PERKEMBANGAN

Walaupun bukan tulisan ku gan tapi sedikit ilimu dan menambah wawasan kalian...

BAB 1
STRATEGI PEMASARAN :
KONSEP DAN PERKEMBANGAN

  A .    PENGERTIAN DAN KONSEP STRATEGI

Menurut stoner, freeman, dan gilber, Jr. (1995) konsep strategi dapat di definisikan berdasarkan dua perspektif yang berbeda yaitu (1) dari perspektif apa yang suatu organisasi ingin lakukan dan (2) dari perspektif apayang organisasi akhirny lakukan.
Berdasarkan perspektif yang pertama strategi dapat didefinisikan sebagai program untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi dan menginflementasikan misinya.
Sedangkan perspektif yang kedua strategi didefinisikan sebagai pola tanggapan atau rspon organisasi terhadap lingkunganya sepanjang waktu.

Dalam suatu perusahaan terdapat tiga level  strategi yaitu:
  1. Tingkat Korporasi adalah keputusan yang dibuat berdasarkan pada orientasi nilai, value, lebih konseptual dan tersentralisasi.
  2. Tingkat Bisnis adalah lebih banyak dilakukan pada level middle manajemen, cirinya jangka waktu relatif pendek, keputusan-keputusan di buat untuk menjebatani keputusan tingkat korporasi dan fungsional, beresiko rendah
  3. Tingkat Fungsional adalah melibatkan masalah-masalah operasional yang berorientasi  pada aktivitas resiko rendah, biaya yang dibutuhkan rendah keputusan dibuat tergantung kepada ketersediaan SDM (Sumber Daya Manusia) dan Sumber Daya Perusahaan

 Konsep strategi pemasaran

            Menurut Corey (dalam Dr. Effendi M. Guntur, SE, 2010:37), strategipemasaran terdiri atas lima elemen yang saling berkait. Kelima elemen tersebutadalah:1.

Pemilihan pasar, yaitu memilih pasar yang akan dilayani. Keputusan inididarasarkan pada faktor-faktor:
a.       Persepsi terhadap fungsi produk dan pengelompokkan teknologi yangdapat diproteksi dan didominasi
b.      Keterbatasan sumber daya internal yang mendorong perlunya pemusatan(fokus) yang lebih sempit.
c.       Pengalaman kumulatif yang didasarkan pada trial and error di dalammenanggapi peluang dan tantangan.
d.      Kemampuan khusus yang berasal dari akses terhadap sumber daya langkaatau pasar yang terproteksi

Dalam merumuskan strategi pemasaran dibutuhkan pendeketan-pendekatan analisis, kemampuan strategi pemasaran suatu perusahaan untuk menanggapi setiap perubahan kondisi pasar dan factor biaya tergantung pada analisis terhadap factor – factor berikut


1.      Faktor lingkungan
Analisis te
rhadap faktor lingkungan seperti pertumbuhan populasi dan peraturan pemerintah sangat penting untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkannya pada bisnis perusahaan. Selain itu faktok-
faktor seperti perkembangan teknologi, tingkat inflasi dan gaya hidup juga tidak boleh diabaikan.

2.      Faktor Pasar
Setiap perusahaan perlu selalu memperhatikan dan mempertimbangkan
faktor-faktor seperti ukuran pasar, tingkat pertumbuhan, tahap perkembangan,
trend dalam system distribusi, pola perilaku pembeli, permintaan musiman, segmen pasar yang ada saat ini atau yang dapat dikembangkan lagi dan peluang-peluang yang belum terpenuhi.

3.      Persaingan
Dalam kaitannya dengan persaingan, setiap perusahaan perlu memahami siapa pesaingnya, bagaimana posisi produk/pasar tersebut, apa strategimereka, kekuatan dan kelemahan pesaing, struktur biaya pesaing, dan kapasitas produksi para pesaing.

4.      Analisis Kemampuan Internal
Setiap perusahaan perlu menilai kekuatan dan kelemahannya dibandingkan para pesaingnya. Penilaian tersebut dapat didasarkan pada faktor-faktor seperti teknologi, sumber daya financial, kemampuan manufaktur, kekuatan pemasaran, dan basis pelanggan yang dimiliki.

5.      Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen perlu dipantau dan dianalisis karena hal ini sangat penting bermanfaat bagi pengembangan produk, desain produk, penetapan harga, pemilihan saluran distribusi, dan penentuan strategi promosi. Analisis perilaku konsumen dapat dilakukan dengan penelitian (risetpasar), baik melalui observasi maupun metode survey.

6.      Analisis Ekonomi
Dalam analisis ekonomi, perusahaan dapat memperkirakan pengaruh setiap
peluang pemasaran terhadap kemungkinan mendapatkan laba. Analisis ekonomi erdiri atasanalisis terhadap komitmen yang diperlukan, analisis BEP, penilaian resiko/laba, analisis factor ekonomi pesaing.


Perkembangan strategi pemasaran
           
Konsep strategi di bicarakan secara formal pertama kali oleh orang yunani, walaupun saat itu lebih ditekankan  pada konteks militer, bukan pada aplikasi pemasaran strategi bisnis dan pemasaran baru di kenal beberapa abad kemudian, sedangkan perencanaan strategic formal dimulai pada periode perang dunia II. sejak saat itu strategic telah mengalami 4 FASE perkembangan yaitu:

1.      Budgeting dan overall strategy ( decade 1950an)
Budgeting merupakan praktik keuangan dan akuntansi untuk mengalokasikan dana dalan suatu perusahaan.

2.      Perencanaan jangka panjang (decade 1960an)
Pada decade tersebut kemampuan untuk memprediksi kecendrungan pasar di masa yang akan datang dan kecendrungan jangka panjang secara akurat berkembang dengan pesat.

3.      Formula planning (decade 11970an)
Merupakan skema konseptual yang konsisten dan mudah di pahami untuk mengalokasikan sumber daya dalam organisasi terdiversifikasi.

4.      Strategic thinking (semenjak 1980an hingga saat ini)
Straregic thinking berbeda dengan strategic planning, perbedaan-perbedaan tsb la hang berhasil mengatasi berbagai kritik terhadap formula planning dalam decade sebelumnya.

 BAB II
STRATEGI
KEPUASAN PELANGGAN

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu usaha,hal ini dikarenakan dengan memuasakan konsumen organisasi dapat meningkatkan tingkat keuntungan dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.
Kotler(dalam Fandy Tyiptono,2004:146-147) menyatakan bahwa kepuasan pelanggan merupakan tingkat peresaan seseorang setelah membandingkan kinerja yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasa pelanggan
Dalam mengevaluasi kepuasan konsumen terhadap produc,jasa atau perusahaan tertentu,konsumen pada umumnya mengacu pada berbagai factor atau dimensi.Faktor yang sering digunakan dalam mengevaluasi kepuasan terhadap suatu manufaktur.Menurut Garvin Lovelock 1994(dalam Fandy Tjiptono,2002:25-26)antara lain adalah :
1.kinerja karakteristik operasi dari produc inti yang dibeli
2.Fitur atau cirri-ciri tambahan,yaitu karakteristik sekunder atau pelengkap
3.Reliabilitas,yaitu kemungkinan kecil akan mengelami kerusakan
4.Kesesuaian dengan spesifikasi
5.Daya tahan

7.Estetika,yaitu daya tarik produc terhadap panca indra
8.Kualitas yang dipersepsikan

 Metode Pengukuran Kepuasan pelanggan

Ada empat metode untuk mengukur kepuasan pelanggan (Fandy Tjiptono,2004:148-150) yaitu sebagai berikut:
1.Sistem keluhan dan saran
2.survey kepuasan pelanggan
3.Ghost Shopping(pembelanjaan misteri)
4.Lost Customer Analisys (analisis konsumen yang berhenti)

Strategi Kepuasan pelanggan
            Upaya perbaikan dan penyempurnaan kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan strategi.Pada prinsipnya strategi kepuasan konsumen akan memnyebabkan pesaing bekerja keras dan memerlukan biaya tinggi untuk merebut konsumen.Ada beberapa strategi yang dapat dipadukan untuk meraih meningkatakan kepuasan konsumen (Fandy Tjiptono,2004:161)yaitu:
1.Stategi Relationship Marketing
Yaitu hubungan transaksi antara perusahaan dengan konsumen berkelanjutan,tidaj berakhir setelah penjaualan selesai,dimana kemitraan dalam jangka panjang dengan konsumen secara terus menerus sehingga diharapkan dapat terjadi bisnis ulang

2.Stategi Superior Customer Service
Yaitu menawarkan pelayanan perusahaan yang lebih unggul dari pada pesaingnya
3.Stategi Unconditional Guarantees Extraordinary
Yaitu strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen dengan mengembangkan pelayanan puma jual perusahaan yang baik.
4.Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan
5.Stategi Penanganan Keluhan yang Efektif
6.Strategi Quality Function Development





1 comment:

  1. terimakasih atas pemberitahuan tentang konsep stategi pemasaran semoga bermanfaat buat sayaa jangan lupa mampir ke blog saya juga

    http://shabrianiritel1.wordpress.com

    ReplyDelete

mohon kritik dan saran nya.....>><<