Friday 26 December 2014

Pengembangan Bisnis ( proposal bisnis sop buah )




1.      Judul Program
SOP BUAH

2.      Latar Belakang
SOP BUAH merupakan jenis minuman yang berasal dari buah-buahan dengan campuran soda untuk memberikan citra rasa yang berbeda dari sop buah yang dijual pada umumnya.
Yang menjadi latar belakang mengapa SOP BUAH sebagai jenis usaha yang saya pilih  dalam pembuatan business plan yakni usaha makanan dan minuman pasti memiliki prospek yang sangat tinggi karena merupakan kebutuhan yang paling mendasar untuk dipenuhi. Letak negara Indonesia yang berada di wilayah tropis membuat keberadaan minuman khususnya minuman yang menyegarkan tentu saja sangat tinggi khususnya pada musim kemarau dimana kondisi cuaca yang terik memiliki potensi besar terhadap berkurangnya cairan dalam tubuh manusia karena keringat yang ditimbulkan. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat semakin tinggi seiring dengan meningkatnya perekonomian mereka serta maraknya kampanye untuk melakukan hidup sehat salah satunya yaitu memperbanyak konsumsi buah-buahan. Kondisi masyarakat perkotaan dengan mobilitas yang sangat tinggi yang mana sering menuntut kepraktisan atau dapat dibilang tidak mau repot juga menjadi latar belakang pembentukan usaha SOP BUAH dimana masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan minuman yang menyehatkan dan menyegarkan tanpa repot untuk membuatnya sendiri.


  

2.1       DATA PERUSAHAAN
1.         Nama Perusahaan                       :  SOP BUAH
2.         Bidang Usaha                              :  Dagang
3.         Jenis Produk/Jasa                        :  Kuliner
4.         Alamat Usaha                              :  Godegan, Bantul, DIY
5.         Nomor Telpon Kantor                  :  08520086xxx/ 089629137xxx
6.         Nomor Fax                                  : -
7.         Alamat Email Bisnis                    : jln Godegan Batul, Yogyakarta
8.         Alamat Website                             : -
9.         Status Usaha                                : Sudah berjalan

2.2  BIODATA PEMILIK
1.1 Biodata Ketua
     Identitas Diri

Nama Lengkap
Anas aidil adli
Jenis Kelamin
Laki –laki
Program Studi
Manajemen
NIM
20120410297
Tempat dan Tanggal Lahir
Aek loba 2 juni 1994
E-mail
No Telp./HP
085200868065

1.2  Biodata Anggota 1

Identitas Diri
Nama Lengkap
Adidha fiqi R
Jenis Kelamin
Laki –laki
Program Studi
Manajemen
NIM
20120410281
Tempat dan Tanggal Lahir
Pacitan 01 juni 1993
E-mail
Adidha.vicky@yahoo.co.id
No Telp./HP
082225983211


  1.3  Biodata Anggota 2
Identitas Diri
Nama Lengkap
Rudin heni susilo
Jenis Kelamin
Laki –laki
Program Studi
Manajemen
NIM
20120410291
Tempat dan Tanggal Lahir
Jepara,10 oktober 1992
E-mail
No Telp./HP
087746275180
Biodata Anggota 3
Identitas Diri
Nama Lengkap
M.adriansyah
Jenis Kelamin
Laki –laki
Program Studi
Manajemen
NIM
20120410316
Tempat dan Tanggal Lahir
Jambi 6 juli 1993
E-mail
Adek_aja@rocketmail.com
No Telp./HP
089629137797

1.4  Biodata Anggota 4
Identitas Diri
Nama Lengkap
Andika rinaldy
Jenis Kelamin
Laki –laki
Program Studi
Manajemen
NIM
20120410293
Tempat dan Tanggal Lahir
Bima 17 januari 1994
E-mail
No Telp./HP
083867210917

3.    STRUKTUR ORGANISASI

 


4.      ANALISIS PRODUK/JASA

4.1              produk/jasa yang dihasilkan
Produk yang kami tawarkan adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu  buah-buahan seperti strawberry, jeruk, semangka dan melon, yang menjadi bahan dasar pembuatan SOP BUAH dimana bahan tsb mudah didapatkan di banyak tempat.


4.2              Keunggulan produk
SOP BUAH ini merupakan minuman inovasi baru dengan campuran soda, memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan produk  lain serta memiliki keunggulan Higienis, menarik dan memiliki banyak variant rasa


5.      GAMBARAN PASAR DAN PEMASARAN
Usaha ini merupakan usaha yang bergerak dibidang kuliner, yaitu SOP BUAH yang meiliki inovasi, di mana inovasi di sini yaitu buah buahan  yang di kombinasikan dengan soda .Untuk tahap awal usaha ini akan dijalankan di sekitar yogyakarta kemudian akan dikembangkan ke daerah daerah lain.Kami merencanakan tempat untuk produksi SOP BUAH ini adalah di dekat kampus UMY. Dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut strategis dan dekat dengan pasar tradisional (Pasar Gamping), sehingga mempermudah dalam mengakses bahan baku.

5.1 Aspek Pemasaran
1.      Penyebaran Informasi secara langsung
Penyebaran informasi secara langsung dilakukan oleh kelompok kami dengan cara promosi dari mulut ke mulut.
2.      Pemberian Informasi secara tidak langsung
Penyebaran brosur dan leaflet, penempelan poster, pemasangan spanduk, dan pemasangan banner produk SOP BUAH akan menggambarkan keunggulan produk kami dalam media promosi tersebut yang secara otomatis juga akan menyertakan nomor telepon untuk memudahkan konsumen yang akan meminta pesanan.
3.      Melalui sarana teknologi dan informasi
Promosi dapat dilakukan melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, path, dan media sosial lainnya. Selain itu promosi juga dapat dilakukan melalui blog.
5.2 Strategi  pemasaran
1.       Pengembangan Produk
Menambah inovasi baru seperti penambahan jenis buah yang sebelumnya strawberry menjadi mangga.
2.         Pengembangan Wilayah Pemasaran
Bekerja sama dengan produk – produk lain untuk memperluas pemasaran
3.       Pengembangan Promosi
Pengembangan promosi melalui teknologi internet seperti penambahan website yang resmi serta penyebaran iklan.
4.      Strategi Penetapan Harga
Harga jual produk disesuaikan dengan harga pasar yaitu sebesar Rp. 3000/poduk. Dengan rasa dan tampilan menarik SOP BUAH ini dapat menarik minat para konsumen dan juga kaya akan serat serta sebagai minuman  penunda lapar.

5.      Strategi distribusi

Pemasaran produksi dimulai dari pusat perbelanjaan di sekitar kampus dan di pusat oleh-oleh yang ada di Yogyakarta. Selain itu, dengan cara dititipkan di kos-kosan mahasiswa, relasi dan para pemilik warung.
5.3  Analisis Pesaing      
Usaha dengan jenis produk makanan dan minuman merupakan usaha dalam pasar persaingan sempurna dimana supply dan demand yang tersedia sangat besar demikian pula dengan sop buah dimana sudah banyak yang membuka usaha sejenis yakni sop buah maupun usaha yang menyediakan barang substitusi seperti es buah, es campur, es teller, dan minuman menyegarkan lainnya serta ancaman dari pendatang baru yang cukup besar dikarenakan mudahnya mereka mendapatkan kemampuan membuat sop buah serta modal yang relative kecil dan pangsa pasar yang besar sehingga mereka tertarik untuk juga membuka bisnis tersebut.
Jenis – jenis usaha dan nama usaha yang menjadi pesaing SOP BUAH yakni :

a.       Nama-nama pesaing utama        :   Sop Buah Keju Giant, es sop durian susu keju

b.      Keungulan pesaing                  : Sudah memiliki banyak cabang (gerobak) yang biasanya berlokasi di depan mini market Indomaret yang letaknya cukup strategis.


6.      ANALISIS OPERASI
7.      Tabel. Kebutuhan Peralatan
No
Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan
Harga
1
Baskom
2 buah
         Rp. 10.000
Rp.20.000
2
Teko
1 buah
         Rp. 10.000
Rp.10.000

JUMLAH


Rp 30.000
8.       
9.      Tabel kebutuhan bahan baku dan pendukung tiap produksi
No
Nama Barang
Jumlah
Harga
1
Susu
1 kaleng
Rp.   8.500,00
2
Soda
2 botol
Rp. 10.000,00
3
Sirup
1 botol
Rp. 13.000,00
4
Buah-buahan               
1 kg
Rp.  35.000,00
5
Gelas/sendok

Rp.  15.000,00
6
Es

Rp.    3.000,00

JUMLAH

Rp   89.500,00


Bahan dan alat-alat produksi
Usaha pembuatan agar-agar buah ini membutuhkan bahan baku berupa agar-agar bubuk. Bahan baku tersebut tersedia cukup melimpah dan mudah untuk didapatkan. Bahan pendukung antara lain air, , gula pasir, pewarna makanan. Sedangkan untuk peralatan yang dibutuhkan antara lain.

      Alat alat Membuat Sop buah
·         Kompor
·         Baskom
·         Teko
·         panci
Bahan-bahan Membuat Sop buah

  • Buah Melon
  • Buah semangka
  • Buah strowberry 
  • sirup
  • es batu secukupnya
  • Air secukupnya
  • soda
Cara Membuat/mengolah Bahan-bahan sop buah

  • Kupas buah melon kemudian kerok menjadi berbentuk bulat.
  • Ambil buah semangka, potong berbentuk dadu, kemudian cuci bersih menggunakan air es agar buah tetap segar.
  • Masak air sampai mendidih, 
  • Segera masukkan semua buah ke dalam air yang telah mendidih. Tunggu sekitar 6 menit.
  • Setelah itu, angkat dan dinginkan campuran buah. Siapkan gelas, tambahkan  es batu, kemudian tuangkan campuran buah ke dalamnya serta hiaskan strowberry untuk memperindah penampilan. 
  • Es Buah segar siap untuk dinikmati
  
7.      RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
7.1 STRATEGI PEMASARAN
  Memberikan diskon
  Memberikan iklan yang menarik
  Pengembangan wilayah distribusi pemasaran
7.2 STRATEGI PRODUKSI
  Perbaikan kualitas rasa sesuai dengan selera konsumen 
  Pembelian mesin kemasan untuk peningkatan kapasitas produksi
  Peningkatan produktivitas tenaga kerja
7.3 STRATEGI ORGANISASI DAN SDM 
  Perubahan struktur manajemen dan organisasi
  Penarikan tenaga kerja 
7.4 STRATEGI KEUANGAN
  Penambahan investasi modal untuk pengembangan usaha
  Mencari investor untuk pengembangan dan perluasan usaha 
Pengendalian sistem keuangan

8.       ANALISIS KEUANGAN
Kebutuhan selama 5 kali praktikum
No
Bahan baku
Satuan
Harga
Jumlah
Keterangan
1
semangka
1 kg
3000
15000

2
Melon
1 kg
5000
25000

3
Strawberry
1 bungkus
5000
25000

4
Jeruk
1/2 kg
6000
30000

5
Gelas + sendok

15000
75000

6
Susu
1 kaleng
8500
42500

7
Sirup
1 botol
13000
65000

8
air mineral + es
3 botol
12000
44000
hanya 3x beli selebihnya air sendiri kecuali batu es
9
Soda
2 botol
10000
30000
hanya 3x beli selebihnya tidak pakai soda
10
benner + stiker
 1
35000
35000

11
Baskom
2
20000
20000

12
Teko
1
10000
10000


Total pengeluaran


416500

Laba/rugi selama 5 kali praktikum
Terlampir
Laporan arus kas
PEMASUKAN
hari 1
hari 2
hari 3
hari 4
hari 5
Saldo awal
200000
224500
210000
189500
205000
Penjualan
137000
63000
42000
60000
45000






PENGELUARAN





bahan-bahan
112500
77500
62500
44500
44500






SALDO AKHIR
224500
210000
189500
205000
205500

9.      ANALISIS DAMPAK DAN RISIKO USAHA
10.1      DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
-     Menyerap Tenaga Kerja di sekitar Lingkungan Organisasi

10.2     ANALISIS RESIKO USAHA
-          Kenaikan Harga Bahan Baku
-          Kenaikan Upah Tenaga Kerja
-          Penurunan daya beli masyarakat
-          Kerusakan mesin- mesin peralatan

10.3     Antisipasi Risiko Usaha
-          Pembelian Stock bahan Bahan Baku dan Bahan penolong
-          Membuat kontrak dengan tenaga kerja
-          Meperluas saluran distibusi pemasaran

3 comments:

mohon kritik dan saran nya.....>><<