1.
Judul Program
SOP BUAH
2.
Latar Belakang
SOP BUAH
merupakan jenis minuman yang berasal dari buah-buahan dengan campuran soda
untuk memberikan citra rasa yang berbeda dari sop buah yang dijual pada
umumnya.
Yang menjadi
latar belakang mengapa SOP BUAH sebagai jenis usaha yang saya pilih dalam
pembuatan business plan yakni usaha makanan dan minuman pasti memiliki
prospek yang sangat tinggi karena merupakan kebutuhan yang paling mendasar
untuk dipenuhi. Letak negara Indonesia yang berada di wilayah tropis membuat
keberadaan minuman khususnya minuman yang menyegarkan tentu saja sangat tinggi
khususnya pada musim kemarau dimana kondisi cuaca yang terik memiliki potensi
besar terhadap berkurangnya cairan dalam tubuh manusia karena keringat yang
ditimbulkan. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat
semakin tinggi seiring dengan meningkatnya perekonomian mereka serta maraknya
kampanye untuk melakukan hidup sehat salah satunya yaitu memperbanyak konsumsi
buah-buahan. Kondisi masyarakat perkotaan dengan mobilitas yang sangat tinggi
yang mana sering menuntut kepraktisan atau dapat dibilang tidak mau repot juga
menjadi latar belakang pembentukan usaha SOP BUAH dimana masyarakat dapat
dengan mudah mendapatkan minuman yang menyehatkan dan menyegarkan tanpa repot
untuk membuatnya sendiri.
2.1 DATA PERUSAHAAN
1.
Nama Perusahaan : SOP BUAH
2.
Bidang Usaha : Dagang
3.
Jenis Produk/Jasa : Kuliner
4.
Alamat Usaha : Godegan, Bantul, DIY
5.
Nomor Telpon Kantor :
08520086xxx/ 089629137xxx
6.
Nomor Fax :
-
7.
Alamat Email Bisnis :
jln Godegan Batul, Yogyakarta
8.
Alamat Website : -
9.
Status
Usaha : Sudah berjalan
2.2 BIODATA PEMILIK
1.1 Biodata Ketua
Identitas
Diri
Nama Lengkap
|
Anas aidil adli
|
Jenis Kelamin
|
Laki –laki
|
Program Studi
|
Manajemen
|
NIM
|
20120410297
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Aek loba 2 juni 1994
|
E-mail
|
|
No Telp./HP
|
085200868065
|
1.2 Biodata
Anggota 1
Identitas
Diri
Nama Lengkap
|
Adidha fiqi R
|
Jenis Kelamin
|
Laki –laki
|
Program Studi
|
Manajemen
|
NIM
|
20120410281
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Pacitan 01 juni 1993
|
E-mail
|
Adidha.vicky@yahoo.co.id
|
No Telp./HP
|
082225983211
|
Identitas
Diri
Nama Lengkap
|
Rudin heni susilo
|
Jenis Kelamin
|
Laki –laki
|
Program Studi
|
Manajemen
|
NIM
|
20120410291
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Jepara,10 oktober 1992
|
E-mail
|
|
No Telp./HP
|
087746275180
|
Biodata
Anggota 3
Identitas
Diri
Nama Lengkap
|
M.adriansyah
|
Jenis Kelamin
|
Laki –laki
|
Program Studi
|
Manajemen
|
NIM
|
20120410316
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Jambi 6 juli 1993
|
E-mail
|
Adek_aja@rocketmail.com
|
No Telp./HP
|
089629137797
|
1.4 Biodata
Anggota 4
Identitas
Diri
Nama Lengkap
|
Andika rinaldy
|
Jenis Kelamin
|
Laki –laki
|
Program Studi
|
Manajemen
|
NIM
|
20120410293
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Bima 17 januari 1994
|
E-mail
|
|
No Telp./HP
|
083867210917
|
3. STRUKTUR ORGANISASI
4. ANALISIS PRODUK/JASA
4.1
produk/jasa
yang dihasilkan
Produk yang kami tawarkan adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu buah-buahan seperti strawberry, jeruk,
semangka dan melon, yang menjadi bahan dasar pembuatan SOP
BUAH dimana bahan tsb mudah didapatkan di banyak tempat.
4.2
Keunggulan
produk
SOP BUAH ini merupakan minuman inovasi baru dengan campuran soda, memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan
produk lain serta memiliki keunggulan Higienis,
menarik dan memiliki banyak variant rasa
5. GAMBARAN PASAR DAN PEMASARAN
Usaha
ini merupakan usaha yang bergerak dibidang kuliner, yaitu SOP BUAH yang meiliki
inovasi, di mana inovasi di sini yaitu buah buahan yang di kombinasikan dengan soda .Untuk tahap
awal usaha ini akan dijalankan di sekitar yogyakarta kemudian akan dikembangkan
ke daerah daerah lain.Kami
merencanakan tempat untuk produksi SOP BUAH ini adalah di dekat kampus UMY.
Dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut strategis dan dekat dengan pasar
tradisional (Pasar Gamping), sehingga mempermudah dalam mengakses bahan baku.
5.1 Aspek Pemasaran
1.
Penyebaran
Informasi secara langsung
Penyebaran informasi secara langsung
dilakukan oleh kelompok kami dengan cara promosi dari mulut ke mulut.
2.
Pemberian
Informasi secara tidak langsung
Penyebaran brosur dan leaflet,
penempelan poster, pemasangan spanduk, dan pemasangan banner produk SOP BUAH akan
menggambarkan keunggulan produk kami dalam media promosi tersebut yang secara
otomatis juga akan menyertakan nomor telepon untuk memudahkan konsumen yang akan
meminta pesanan.
3.
Melalui
sarana teknologi dan informasi
Promosi dapat dilakukan melalui
jejaring sosial seperti facebook, twitter, path, dan media sosial lainnya.
Selain itu promosi juga dapat dilakukan melalui blog.
5.2
Strategi pemasaran
1.
Pengembangan Produk
Menambah
inovasi baru seperti penambahan jenis buah yang sebelumnya strawberry menjadi
mangga.
2.
Pengembangan Wilayah Pemasaran
Bekerja
sama dengan produk – produk lain untuk memperluas pemasaran
3.
Pengembangan Promosi
Pengembangan
promosi melalui teknologi internet seperti penambahan website yang resmi serta
penyebaran iklan.
4.
Strategi Penetapan Harga
Harga jual produk disesuaikan dengan harga pasar yaitu sebesar Rp. 3000/poduk. Dengan rasa dan tampilan menarik SOP BUAH ini dapat menarik minat para konsumen dan juga kaya akan serat serta sebagai minuman penunda lapar.
5.
Strategi distribusi
Pemasaran produksi
dimulai dari pusat perbelanjaan di sekitar kampus dan di pusat oleh-oleh
yang ada di Yogyakarta. Selain
itu, dengan cara dititipkan di kos-kosan mahasiswa, relasi dan para
pemilik warung.
5.3 Analisis Pesaing
Usaha dengan
jenis produk makanan dan minuman merupakan usaha dalam pasar persaingan
sempurna dimana supply dan demand yang tersedia sangat besar demikian pula
dengan sop buah dimana sudah banyak yang membuka usaha sejenis yakni sop buah
maupun usaha yang menyediakan barang substitusi seperti es buah, es campur, es
teller, dan minuman menyegarkan lainnya serta ancaman dari pendatang baru yang
cukup besar dikarenakan mudahnya mereka mendapatkan kemampuan membuat sop buah
serta modal yang relative kecil dan pangsa pasar yang besar sehingga mereka
tertarik untuk juga membuka bisnis tersebut.
Jenis – jenis usaha dan nama usaha yang menjadi
pesaing SOP BUAH yakni :
a. Nama-nama pesaing utama : Sop Buah Keju Giant, es sop durian susu keju
b. Keungulan
pesaing
: Sudah memiliki banyak cabang (gerobak) yang biasanya berlokasi di depan mini
market Indomaret yang letaknya cukup strategis.
6. ANALISIS OPERASI
7.
Tabel. Kebutuhan Peralatan
No
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Harga
|
1
|
Baskom
|
2 buah
|
Rp. 10.000
|
Rp.20.000
|
2
|
Teko
|
1 buah
|
Rp. 10.000
|
Rp.10.000
|
JUMLAH
|
Rp 30.000
|
8.
9.
Tabel kebutuhan bahan baku dan pendukung
tiap produksi
No
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Susu
|
1 kaleng
|
Rp. 8.500,00
|
2
|
Soda
|
2 botol
|
Rp. 10.000,00
|
3
|
Sirup
|
1 botol
|
Rp. 13.000,00
|
4
|
Buah-buahan
|
1 kg
|
Rp. 35.000,00
|
5
|
Gelas/sendok
|
Rp. 15.000,00
|
|
6
|
Es
|
Rp. 3.000,00
|
|
JUMLAH
|
Rp 89.500,00
|
Bahan
dan alat-alat produksi
Usaha pembuatan agar-agar buah ini membutuhkan bahan baku berupa agar-agar bubuk. Bahan baku tersebut tersedia cukup melimpah dan mudah untuk
didapatkan. Bahan pendukung antara lain air, , gula pasir, pewarna makanan. Sedangkan untuk peralatan yang dibutuhkan antara lain.
Alat
alat Membuat Sop buah
·
Kompor
·
Baskom
·
Teko
·
panci
Bahan-bahan Membuat Sop buah
- Buah Melon
- Buah semangka
- Buah strowberry
- sirup
- es batu secukupnya
- Air secukupnya
- soda
Cara Membuat/mengolah Bahan-bahan sop buah
- Kupas buah melon kemudian kerok menjadi berbentuk bulat.
- Ambil buah semangka, potong berbentuk dadu, kemudian cuci bersih menggunakan air es agar buah tetap segar.
- Masak air sampai mendidih,
- Segera masukkan semua buah ke dalam air yang telah mendidih. Tunggu sekitar 6 menit.
- Setelah itu, angkat dan dinginkan campuran buah. Siapkan gelas, tambahkan es batu, kemudian tuangkan campuran buah ke dalamnya serta hiaskan strowberry untuk memperindah penampilan.
- Es Buah segar siap untuk dinikmati
7. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
7.1
STRATEGI PEMASARAN
Memberikan
diskon
Memberikan
iklan yang menarik
Pengembangan
wilayah distribusi pemasaran
7.2
STRATEGI PRODUKSI
Perbaikan
kualitas rasa sesuai dengan selera konsumen
Pembelian
mesin kemasan untuk peningkatan kapasitas produksi
Peningkatan
produktivitas tenaga kerja
7.3
STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
Perubahan
struktur manajemen dan organisasi
Penarikan
tenaga kerja
7.4
STRATEGI KEUANGAN
Penambahan
investasi modal untuk pengembangan usaha
Mencari
investor untuk pengembangan dan perluasan usaha
Pengendalian
sistem keuangan
8. ANALISIS KEUANGAN
Kebutuhan
selama 5 kali praktikum
No
|
Bahan
baku
|
Satuan
|
Harga
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
semangka
|
1
kg
|
3000
|
15000
|
|
2
|
Melon
|
1
kg
|
5000
|
25000
|
|
3
|
Strawberry
|
1
bungkus
|
5000
|
25000
|
|
4
|
Jeruk
|
1/2
kg
|
6000
|
30000
|
|
5
|
Gelas
+ sendok
|
|
15000
|
75000
|
|
6
|
Susu
|
1
kaleng
|
8500
|
42500
|
|
7
|
Sirup
|
1
botol
|
13000
|
65000
|
|
8
|
air
mineral + es
|
3
botol
|
12000
|
44000
|
hanya
3x beli selebihnya air sendiri kecuali batu es
|
9
|
Soda
|
2
botol
|
10000
|
30000
|
hanya
3x beli selebihnya tidak pakai soda
|
10
|
benner
+ stiker
|
1
|
35000
|
35000
|
|
11
|
Baskom
|
2
|
20000
|
20000
|
|
12
|
Teko
|
1
|
10000
|
10000
|
|
|
Total pengeluaran
|
|
|
416500
|
|
Laba/rugi selama 5 kali praktikum
Terlampir
Laporan arus kas
PEMASUKAN
|
hari
1
|
hari
2
|
hari
3
|
hari
4
|
hari
5
|
Saldo
awal
|
200000
|
224500
|
210000
|
189500
|
205000
|
Penjualan
|
137000
|
63000
|
42000
|
60000
|
45000
|
|
|
|
|
|
|
PENGELUARAN
|
|
|
|
|
|
bahan-bahan
|
112500
|
77500
|
62500
|
44500
|
44500
|
|
|
|
|
|
|
SALDO
AKHIR
|
224500
|
210000
|
189500
|
205000
|
205500
|
9.
ANALISIS
DAMPAK DAN RISIKO USAHA
10.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
- Menyerap Tenaga Kerja di sekitar
Lingkungan Organisasi
10.2 ANALISIS RESIKO USAHA
-
Kenaikan
Harga Bahan Baku
-
Kenaikan
Upah Tenaga Kerja
-
Penurunan
daya beli masyarakat
-
Kerusakan
mesin- mesin peralatan
10.3
Antisipasi Risiko Usaha
-
Pembelian
Stock bahan Bahan Baku dan Bahan penolong
-
Membuat
kontrak dengan tenaga kerja
-
Meperluas
saluran distibusi pemasaran
ke napa kalo di coppy warna biru nya ngikut
ReplyDeletedi shading nya di ubah gan..
ReplyDeleteStukter organisasinya gak tampil
ReplyDelete